14.2.05

Tingkatkan jumlah pelanggan (2)

doni to SSR-Klub 2/1/05

Dear Rekans,

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu gimana cara kerja MLM, member get member atau referal. Pada saat rame2nya MLM dulu, efeknya sangat dahsyat, dalam sekejap sekian banyak orang sudah bergabung jadi anggota.

Pernah terbayang gak sih kalo bisnis tradisional anda (tradisional = bukan mlm) juga menerapkan hal itu, mungkin hanya utk 1 layer aja. Pelanggan anda get pelanggan baru?

mungkin sudah biasa ya, kalau ada bisnis yang berkembang karena iklan dari mulut ke mulut (buzz marketing), tapi ini mungkin hanya terjadi 1 dari sekian ribu bisnis, sangat jarang ..

Pemikirannya sekarang, kenapa sistem referal/mulut ke mulut/buzz marketing ini tdk di formalkan saja, sehingga kesempatan utk tumbuh/banyak pelanggan menjadi semakin besar kemungkinannya?

Mungkin cerita dibawah ini bisa membuka cakrawala kita:
Joe Girard, salesman mobil beken dari amrik, mengungkapkan salah satu taktiknya: bila ada orang yang beli mobil ke dia, dia titip segepok kartu nama sambil pesen: tolong bagikan kepada kenalan anda yang ingin beli mobil, jangan lupa tulis nama & telpon anda di belakang tiap kartu nama ini. kalau ada pembeli yang membawa kartu nama saya dari anda, anda akan menerima $25.
berhasilkah?
anda bisa menilai sendiri dengan melihat fakta ini: selama 15 tahun karirnya sebagai salesman mobil, dia berhasil menjual sekitar 13,000 mobil di tataran retail, hmmm ... kira2 2-3 mobil sehari ! dahsyat ..

dengan cara ini:
1. Joe punya pasukan marketing yang sangat banyak dan bergerak diam2
2. Biaya marketingnya sangat cost effective, karena Joe hanya membayar biaya marketing hanya dari yang membawa hasil

tentu saja, si Joe harus jujur. after all, pengusaha yang bertahan lama hanya pengusaha yang jujur kan?

Salam
DS

No comments: