4.1.05

3 Kunci Kesuksesan Hakiki - 1

Jika Anda memilikinya, milyuner selanjutnya pastilah Anda !



+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
BAB 1. Hal Pertama Adalah Kredibilitas
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Jauh lebih sulit membangun nama baik daripada membangun gedung bertingkat 100, sekalinya jatuh, butuh waktu lama untuk membangunnya kembali.

Dengan skala proporsional, gedung WTC di Amerika yang ambruk dihantam pesawat terbang “nyasar”, akan lebih cepat dibangun kembali (mungkin dalam hitungan dibawah 5 tahun), daripada membangun kembali kredibilitas seseorang yang telah jatuh akibat nama baiknya yang sudah tercemar.

Sungguh sangat luar biasa pengaruh sebuah kepercayaan dalam kesuksesan karir seseorang, jauh melampaui modal harta benda, kedudukan, jabatan bahkan ilmu sekalipun. Ketika anda sudah tidak dipercaya oleh orang lain, beribu-ribu janji anda, atau kesanggupan anda untuk membayar dengan harta sebanyak apapun, tidak dengan mudah orang akan begitu saja percaya lagi kepada anda. Yang ada hanyalah rasa curiga atas niat baik anda tersebut.

Sekeras apapun, sepintar apapun, sekaya apapun anda, bisnis yang akan anda lakukan dipastikan tidak akan berhasil dengan baik jika kredibilitas anda sudah tidak ada. Kepercayaan tidak bisa dibeli dengan uang anda, tidak pula dengan kepintaran anda. Kepercayaan sungguh sangat mahal, tetapi juga sangat murah.

Seseorang bisa membangun kepercayaan dengan tidak bermodal harta benda, tetapi dari perbuatannya. Sangat murah biaya untuk membangun kredibilitas, tetapi tentu saja tidak mudah untuk memperolehnya begitu saja.

No comments: